Langsung ke konten utama

Postingan

HAKIKAT BELAJAR DAN PEMBELAJARAN

  HAKIKAT BELAJAR DAN PEMBELAJARAN Oleh: Siti Arfah Hamidah NIM: 22836013 Dosen: Bapak Aceng Ahmad Rodian Susila, M.Pd. Sebagai salah satu unsur prndidik, Seorang guru harus memiliki kemampuan untuk memahami bagaimana peserta didik belajar dan bagaimana mengorganisasikan proses pembelajaran yang mampu mengembangkan kemampuan dan membentuk karakter peserta didik. Pemahaman terhadap siswa tersebut, akan dimiliki seorang guru jika ia menguasai hakikat dan konsep dasar belajar. Dengan menguasai hakikat dan konsep dasar tentang belajar diharapkan guru mampu menerapkannya dalam kegiatan pembelajaran. Karena pembelajarna berfungsi untuk memfasilitasi tumbuh dan berkembangnya peserta didik. Menurut Undang-undang RI Nomor 20 Tahun 2003 tentang sistem Pendidikan nasional, pembelajaran diartikan sebagai “ ... proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar”. Pembelajaran merupakan usaha sadar yang dilakukan oleh orang dewasa untuk memciptakan li...

PRINSIP-PRINSIP BELAJAR DAN PEMBELAJARAN

  PRINSIP-PRINSIP BELAJAR DAN PEMBELAJARAN Oleh: Siti Arfah Hamidah NIM: 22836013 Dosen: Bapak Aceng Ahmad Rodian Susila, M.Pd. Pribadi manusia dibentuk melalui Pendidikan. Pendidikan tentu sudah akrab dalam kehidupan manusia. Hal yang penting dalam proses Pendidikan adalah proses pembelajaran. Aspek ini merupakan hal penting dalam Pendidikan. Sayangnya, implementasi dari proses pembelajaran belum sampai pada substansi dari Pendidikan itu sendiri. Untuk itulah diperlukannnya seorang guru yang mengusai prinsip-prinsip belajar dan pembelajaran tertentu dengan harapan dapat menerapkannnya dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar. Gagne menyebutkan prinsip-prinsip belajar adalah kontiguitas, pengulangan, penguatan, dorongan semangat kepercayaan diri dalam belajar, materi yang lengkap, upaya membangkitkan keterampilan intelektual, strategi yang tepat, dan aspek-aspek jiwa peserta didik. Pengertian prinsip belajar menurut Robert H Davies adalah suatu komunikasi terbuka antara guru da...